Sunday, April 30, 2017

7 tips Mengatasi penyakit Ketinggian

Ketinggian penyakit menggambarkan beberapa gejala yang terjadi pada tubuh Anda saat Anda terpapar pada ketinggian yang lebih tinggi dalam waktu singkat.

Ketinggian penyakit biasa terjadi saat orang bepergian dan mendaki atau diangkut ke ketinggian yang lebih tinggi dengan cepat. Semakin tinggi Anda naik, semakin rendah tekanan udara dan kadar oksigen. Tubuh kita bisa menangani pergeseran, tapi butuh waktu untuk menyesuaikan diri secara bertahap.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi diri dari penyakit ketinggian.


1. Mendaki perlahan

Tubuh Anda membutuhkan sekitar dua sampai tiga hari perlahan-lahan akan lebih tinggi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Hindari terbang atau mengemudi langsung ke tempat yang tinggi. Sebagai gantinya, naik lebih tinggi setiap hari, berhenti untuk beristirahat, dan lanjutkan keesokan harinya. Jika Anda harus terbang atau mengemudi, pilih ketinggian yang lebih rendah untuk tinggal selama 24 jam sebelum pergi jauh-jauh.

Mengatasi penyakit Ketinggian
Penyakit Ketinggian

Saat bepergian dengan berjalan kaki, rencanakan perjalanan Anda dengan titik berhenti pada ketinggian yang lebih rendah sebelum mencapai tujuan akhir Anda. Cobalah untuk melakukan perjalanan tidak lebih dari 1.000 kaki setiap hari, dan rencanakan hari istirahat untuk setiap 3.000 kaki Anda pergi lebih tinggi.

2. Makan karbohidrat

Tidak jarang kita disuruh makan ekstra karbohidrat. Tapi saat Anda berada di tempat yang lebih tinggi, Anda memerlukan lebih banyak kalori. Jadi pak banyak cemilan sehat, termasuk banyak biji-bijian.

3. Hindari alkohol

Alkohol, rokok, dan obat-obatan seperti pil tidur dapat membuat gejala penyakit ketinggian menjadi lebih buruk. Hindari minum, merokok, atau minum obat tidur selama perjalanan Anda ke tempat yang lebih tinggi. Jika Anda ingin minum, tunggulah setidaknya 48 jam untuk memberi waktu tubuh Anda menyesuaikan diri sebelum menambahkan alkohol ke dalam campuran.

4. Minum air putih

Tetap terhidrasi juga penting dalam mencegah penyakit ketinggian. Minum air putih secara teratur selama pendakian anda.

5. Tenang saja

Naiklah dengan kecepatan yang nyaman untuk Anda. Jangan mencoba terlalu cepat atau berolahraga yang terlalu berat.

6. Tidur lebih dulu

Ketinggian penyakit biasanya memburuk pada malam hari saat Anda sedang tidur. Sebaiknya lakukan pendakian yang lebih tinggi di siang hari dan kemudian kembali ke ketinggian yang lebih rendah untuk tidur, terutama jika Anda berencana mendaki lebih dari 1.000 kaki dalam satu hari.


7. Obat

Biasanya pengobatan tidak diberikan sebelumnya kecuali terbang atau mengemudi ke ketinggian tidak dapat dihindari. Ada beberapa bukti bahwa mengambil acetazolamide (bekas nama merek Diamox) dua hari sebelum perjalanan dan selama perjalanan Anda dapat membantu mencegah penyakit ketinggian.

Acetazolamide adalah obat yang biasa digunakan untuk mengobati glaukoma. Tapi karena cara kerjanya, itu juga bisa membantu mencegah penyakit ketinggian. Anda memerlukan resep dari dokter Anda untuk mendapatkannya.

Penting juga untuk mengetahui bahwa Anda masih bisa mengalami penyakit ketinggian bahkan saat mengkonsumsi acetazolamide. Begitu Anda mulai mengalami gejala, pengobatan tidak akan menguranginya. Mendapatkan diri Anda untuk menurunkan ketinggian lagi adalah satu-satunya pengobatan yang efektif.

Gejala penyakit ketinggian

Gejala bisa berkisar dari ringan sampai keadaan darurat medis. Sebelum bepergian ke tempat yang lebih tinggi, pastikan untuk mengetahui gejala-gejala ini. Ini akan membantu Anda mengatasi penyakit ketinggian sebelum menjadi berbahaya.


Gejala ringan meliputi:


sakit kepala

mual

pusing

muntah

merasa lelah

sesak napas

Denyut jantung lebih cepat

Tidak enak badan secara keseluruhan

Kesulitan tidur

kehilangan selera makan

Jika Anda mengalami penyakit ringan, Anda harus berhenti mendaki lebih tinggi dan kembali ke tingkat ketinggian yang lebih rendah. Gejala ini hilang dengan sendirinya saat Anda pindah ke ketinggian yang lebih rendah, dan selama mereka pergi Anda bisa memulai perjalanan lagi setelah beberapa hari istirahat.

Gejala berat meliputi:


Versi yang lebih intens dari gejala ringan

Merasa kehabisan napas, bahkan saat Anda sedang beristirahat

Batuk itu tidak akan berhenti

Sesak di dada

Kemacetan di dada

Kesulitan berjalan

Melihat ganda

kebingungan

Warna kulit berubah menjadi abu-abu, biru, atau pucat dari biasanya Ini berarti gejala ketinggian Anda lebih maju. Jika Anda melihat salah satu dari ini, turunkan ketinggian lebih rendah sesegera mungkin, dan dapatkan bantuan medis. Penyakit ketinggian yang parah dapat menyebabkan cairan di paru-paru dan otak, yang bisa mematikan jika tidak diobati.

Intinya

Sulit untuk memprediksi dengan tepat bagaimana tubuh Anda akan bereaksi terhadap ketinggian karena setiap orang berbeda. Pertahanan terbaik Anda melawan penyakit ketinggian jangan sampai terlalu tinggi terlalu cepat dan bersiaplah dengan mempraktikkan tip di atas.


Jika Anda memiliki kondisi medis yang ada, seperti masalah jantung, masalah pernapasan, atau diabetes, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum bepergian ke tempat yang tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi tambahan jika Anda terkena penyakit ketinggian.

No comments:

Post a Comment