Thursday, April 27, 2017

Makanan Yang Tinggi Serta Banyak Mengandung Kalium

Ada banyak alasan mengapa anda harus mencukupi kebutuhan klalium harian anda. Kalium sendiri nutrisi penting yang dibutuhkan dan digunakan untuk menjaga, mempertahankan keseimbangan cairan dan elektlrolit didalam tubuh kita. 

cara memilih makanan yang sehat dan mengandung kalium yang tinggi
makanan tinggi kalium


Kalium juga sumber mineral yang sanagt baik juga sangat sangat dibutuhkan untuk beberapa fungsi organ, seperti jantung, ginjal, otak dan jaringan otot. Selain itu kalium juga berperan penting dalam menjaga tubuh terhidrasi.

Ada beberapa gejala yang sangat mudah dikenali jika tubuh anda kekurangan kalium seperti sakit kepala, jantung berdebar-debar, dehidrasi dan pembengkakan kelenjar jaringan. 

Untuk menghindari hal itu direkomendasikan asupan makanan utuk orang dewasa baik laki-laki maupun perempuan sekitar 4.700 mg potasium perhari. Nah lalu bagaimana agar kaliu dalam tubuh kita terpenuhi ?

Kalium sendiri sangat mudah didapat dari makanan-makanan alami dan sehat. Banyak orang yang tidak tertlau memperhatikan hal ini dan sangat sulit mendapatkan asupan kalium sebagaimana mestinya. 

Anda dapat mempelajari jenis makanan apa yang banyak mengandung kalium untuk menghindari kekurangan kalium. Berikut 10 daftar makanan yang kaya akan kalium yang mudah anda jumpai :

1. Kacang putih

banyak sekali manfaat kacang putih selain baik untuk pencernaan kacang putih juga baik untuk kesehatan.  Kacang putih dalam satu porsi sangat banyak mengandung kalium dan serat. 

Mengkonsumsi makanan yang kaya kan serat terbukti membantu menurunkan resiko diabetes dan penyakit jantung. Ada beberapa banyak jenis olahan kacang putih yang dapat anda konsumsi dan sehat tentu nya.

2. Bayam

kenapa tokoh kartun dalam film popeye selalu memakan bayam untuk menambah kekuatannya ? bayam tidak hanya makanan yang kaya akan kalium, akan tetapi makanan yang memliki segudang manfaat. 

Penelitian menunjukkan bayam mengandung glycoglycerolipids, yang dipercaya dapat melawan zat kangker.

3.Alpukat

Nah untuk buah yang satu ini adalah buah yang kaya kalium favorit saya. Siapa yang tidak suka dengan buah yang berwarna hijau ini. Penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi alpukat secara rutin akan menurunkan faktor-faktor resiko matabolik. 
Secara keseluruhan setiap orang yang teratur mengkonsumsi alpukat cenderung memilikipola makan yang sehat, serta asupan gizi meningkat dan terpenuhi serta menurunkan sindrom metabolik.

5. Delima

Buah yang berwarna merah cantik ini juga merupakan salah satu sumber kalium yang melimpah. Buah delima diperkaya akan vitamin C, vitamin K, nutrisi, serat dan lin-lain. 

Selain termasuk dalam makanan atau buah-buahan yang kaya kalium, delima juga terkenal buah yang memiliki afrodisak karena kemampuannya untuk  mengurangi kadar korestelor dalam tubuh. Buah delima merupakan buah tersehat di dunia.

6. Ubi jalar

Ubi jalar atau yang sering orang jawa sebut ( muntul ) makanan yang memiliki kalium tinggi kepadatan nutrisi lebih tinggi dibanding kentang putih. Ubi jalar tinggi akan beta-karoten, vitamin C, dan vitami B6. 

Ubi jalar juga bisa digunakan sebagai obat untuk tukak pada lambung. Namun ada juga yang menggunakan ubi jalar sebagai media terapi untuk pengobatan diabetes.

7. Air kelapa

Bukan hanya berasal dari makanan saja kita bisa memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh kita menggunakan air kelapa. Saya juga merupakan pecinta es kelapa muda karena didalam air kelapa muda tidak ada yang namanya tambahan gula dan pemanis buatan yang lain nya. 

Jika anda pecinta es kelapa muda berarti pilihan minuman anda benar, minuman ini memiliki kadar elektrolit tinggi sperti kalium. Air kelapa juga dapat digunakan dalam keadaan-keadaan darurat sebagai cairan hidrasi.

8. Pisang

Buah berwarna kuning ini juga tidak kalah populernya dengan buah yang sudah saya sebutkan diatas dan mungkin menjadi sumber kalium yang sangat baik diantara yang diatas. Akan tetapi pisang juga relatif tinggi kadar gula dan karbohidrat. 

Saya menyarankan mengkonsumsi pisang sebelum atau sesudah berolahraga, karena sifat pisang memberi energi yang cepat dan kaya nutrisi sebagai alat untuk pemulihan dan membantu memperbaiki otot. 

Berolahraga terutama latihan yang intens dan berat sangat penting mengkonsumsi buah kuning ini karena setelah beraktifitas berat kada potasium anda akan berkurang maka dari itu sangat baik jika anda makan buah ini. Pisang juga kaya akan zat dopamin, yaitu hormon meningkatkan suasana hati lebih senang dan bahagia.

9. Salmon

Yang terakhir adalah ikan salom, dari contoh makanan yang mengandung kalium tertinggi diatas contoh yang terakhir saya ambil untuk yang dari hewani. Ikan salmon selain memiliki kalium serta vitamin ubi jalar kaya akan omega 3, mineral, protein, asam lemak yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan.  
Manfaat asam lemak esensial ini adalah untuk menurunkan resiko penyakit stroke, penyakit jantung, serta membantu untuk mengurangi tekanan darih tinggi, depresi, nyeri sendi, dan penyakit kronis lain nya.

Itulah beberapa daftar makanan yang memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Cukup mudah dijumpai bukan?

Mencukupi kebutuhan kalium dalam tubuh kita merupakan hal yang wajib. Namun beberapa dari kita akan kebutuhan kalium utnuk tubuhnya sendiri. 

Semoga setelah anda membaca artikel ini anda akan memenuhi asupan kalium pada tubuh anda agar semua sistem organ pada tubuh kita dapat bekerja secara baik dan tubuh selalu sehat.


Trimakasih, semoga artikel ini dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua. Amin.

No comments:

Post a Comment