Tuesday, May 2, 2017

Penjelasan Dari HIV

Human immunodeficiency virus (HIV) Penjelasan nya adalah infeksi serius yang membahayakan sistem kekebalan dari tubuh. Tidak ada obat untuk HIV. Pada sebagian besar kasus, setelah infeksi HIV kronis ditemukan, virus tersebut tinggal di dalam tubuh seumur hidup. 

Meski memiliki tingkat keparahan penyakit yang potensial, gejala HIV tidak tiba-tiba muncul dan terpuncak dalam semalam. Tidak seperti jenis virus lainnya, penyakit ini menyebabkan penyakit progresif dimana gejala dan tingkat keparahannya bervariasi dari orang ke orang.

Penjelasan Dari HIV
Penjelasan Dari HIV

Gejala Awal pada HIV Primer

Tahap pertama dari sindrom virus ini adalah "infeksi HIV primer." Tahap ini juga disebut acute retroviral syndrome (ARS) atau infeksi HIV akut. HIV pada tahap ini terkenal karena menyebabkan gejala mirip flu pada individu yang terinfeksi. Mungkin saja seseorang di tahap ini bisa menghilangkan gejala mereka karena flu berat daripada HIV. Demam adalah tanda yang paling umum. Gejala lainnya meliputi:

Sakit kepala

Sakit tenggorokan

Kelelahan berlebihan

Panas dingin

Nyeri otot

Kelenjar bengkak

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), gejala infeksi HIV primer mungkin muncul dua sampai empat minggu setelah paparan awal. Gejala bisa berlanjut sampai beberapa minggu. Namun, beberapa pasien mungkin hanya menunjukkan tanda-tanda itu selama beberapa hari. 

Dalam kombinasi yang berbahaya, penderita HIV dini, meski terkadang tidak menunjukkan gejala, sangat menular. Hal ini disebabkan oleh replikasi virus yang cepat dan tidak terkendali pada minggu-minggu awal infeksi.

Berkurangnya Gejala pada Tahapan Awal

ARS biasa sekali seseorang terinfeksi HIV. Namun, ini tidak terjadi pada semua orang. Beberapa pasien terinfeksi membawa HIV selama bertahun-tahun sebelum mengetahui bahwa mereka memilikinya. Menurut AIDS.gov, tanda-tanda HIV bahkan mungkin tidak muncul selama satu dekade atau lebih lama. Ini tidak berarti bahwa kasus HIV tanpa gejala tidak seburuk atau tidak berakibat fatal.

Gejala pada awal HIV cenderung muncul jika tingkat kerusakan sel tinggi. Tidak memiliki gejala dapat berarti bahwa jumlah sel CD4 yang tidak terbunuh sejak dini terjadi pada orang lain yang terinfeksi. Meskipun seseorang tidak memiliki gejala, mereka masih memiliki virus. Itulah sebabnya mengapa tes HIV reguler sangat penting untuk mencegah penularan.

Penyebab  berhentinya Gejala Latency

Setelah paparan awal dan kemungkinan infeksi primer, HIV dapat beralih ke tahap yang disebut "infeksi laten secara klinis." Ini juga disebut sebagai "infeksi HIV tanpa gejala" karena kurangnya gejala. Kurangnya gejala ini mencakup gejala kronis yang mungkin terjadi.

Menurut Mayo Clinic, latency pada HIV bisa berlangsung berhenti dari delapan sampai 10 tahun. Ini tidak berarti HIV hilang, juga tidak berarti Anda tidak bisa menularkan infeksi kepada orang lain. Latency bisa berkembang menjadi AIDS. 
Risiko Anda untuk berkembang lebih tinggi jika Anda tidak menerima perawatan, seperti terapi antiretroviral. Penting untuk mengambil obat yang diresepkan selama semua tahap HIV - meskipun Anda tidak menunjukkan gejala apapun.

HIV kronis

Setelah infeksi akut, HIV dianggap "kronis." Ini berarti bahwa penyakit ini sedang berlangsung. Gejala HIV kronis bisa bermacam-macam. Ada masa infeksi kronis yang panjang saat virus muncul namun gejalanya sangat minim. Pada stadium lanjut infeksi kronis, gejala bisa jauh lebih parah daripada di ARS. Orang dengan HIV kronis tingkat lanjut dapat mengalami episode:

Batuk atau kesulitan bernafas

Penurunan berat badan

Diare

Kelelahan

Demam tinggi


AIDS adalah tahap akhir

Mengontrol HIV dengan pengobatan sangat penting untuk kedua kualitas hidup dan untuk membantu mencegah perkembangan penyakit yang cepat. Acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) berkembang ketika HIV telah secara signifikan memperlemah sistem kekebalan tubuh. 

Menurut CDC, ini terjadi ketika tingkat CD4 menurun di bawah 200 sel per mililiter kubik darah (mm3). Rentang normal dianggap 500 sampai 1.600 sel. AIDS dapat didiagnosis dengan tes darah untuk mengukur CD4, namun terkadang juga ditentukan hanya oleh kesehatan Anda secara keseluruhan, terutama adanya infeksi tertentu yang jarang terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh normal. Gejala AIDS meliputi:

Demam tinggi yang terus berlanjut lebih dari 100 derajat Fahrenheit

Menggigil parah dan berkeringat di malam hari

Bintik putih di mulut

Luka kelamin atau dubur

Kelelahan parah

Ruam yang bisa berwarna coklat, merah, ungu, atau pink

Masalah batuk dan pernapasan biasa

Penurunan berat badan yang signifikan

Sakit kepala terus-menerus

Masalah memori

pneumonia

AIDS adalah tahap akhir dari HIV. Tanpa mengobati HIV, Mayo Clinic mengatakan bahwa kebanyakan pasien mengembangkan AIDS dalam waktu 10 tahun. Pada titik ini, tubuh Anda rentan terhadap berbagai macam infeksi dan tidak dapat secara efektif melawannya. 

Intervensi medis diperlukan untuk mengobati infeksi atau kematian bisa terjadi. Tanpa perawatan, CDC memperkirakan tingkat kelangsungan hidup rata-rata tiga tahun setelah AIDS didiagnosis. Bergantung pada tingkat keparahan infeksi, prognosis secara signifikan lebih pendek.


Kunci untuk bertahan hidup dari HIV dan AIDS adalah dengan terus mengunjungi dokter Anda untuk perawatan rutin. Anda juga harus menjadwalkan kunjungan saat Anda mengalami gejala baru atau memburuk.

No comments:

Post a Comment