Tuesday, April 25, 2017

8 Penjelasan dari Tanda-tanda Peringatan Kanker

Periset telah membuat langkah besar dalam memerangi kanker. Namun, National Cancer Institute (NCI) memperkirakan bahwa akan ada 1.658.370 kasus kanker baru yang menakjubkan pada tahun 2015. Dari sudut pandang global, kanker juga merupakan salah satu penyebab kematian dini. Terkadang bisa berkembang tanpa peringatan. Namun, untuk sebagian besar kasus, ada tanda peringatan. Semakin dini Anda mendeteksi kemungkinan tanda-tanda kanker, semakin baik peluang bertahan hidup.

Tanda-tanda Peringatan Kanker
Peringatan Kanker


Kanker Paling Umum

Menurut NCI, kanker berikut adalah yang paling umum di Amerika Serikat:

Kanker kandung kemih
Kanker payudara
Kanker usus besar
Leukemia
Kanker paru-paru
Melanoma
Limfoma non-Hodgkin
Kanker pankreas
Kanker prostat
Kanker tiroid

Gejala yang tepat dapat bervariasi antara bentuk kanker. Selanjutnya, beberapa jenis kanker, seperti pankreas, mungkin tidak segera menyebabkan gejala. Masih ada beberapa tanda peringatan yang harus diwaspadai.

Perubahan Berat Badan

Sebagai sel kanker menyerang yang sehat, tubuh Anda mungkin merespons dengan menurunkan berat badan. Menurut American Cancer Society (ACS), banyak pasien kanker yang tidak terdiagnosis secara tak terduga kehilangan 10 pound atau lebih. Sebenarnya, ini mungkin pertanda pertama kanker.

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dapat terjadi pada kondisi kesehatan lainnya, seperti hipertiroidisme (overactive thyroid). Namun, perbedaan dengan kanker adalah bahwa hal itu bisa terjadi agak tiba-tiba. Hal ini paling menonjol dalam kanker pada:

Kerongkongan
Paru
Pankreas
Perut

Demam

Demam adalah respon tubuh terhadap infeksi atau penyakit. Orang yang menderita kanker akan sering mengalami demam sebagai gejala tapi biasanya pertanda bahwa kanker telah menyebar ke daerah baru atau itu mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Demam jarang merupakan tanda awal kanker tapi mungkin jika seseorang memiliki kanker darah, seperti leukemia atau limfoma.

Beberapa jenis kanker mungkin juga menyebabkan pendarahan yang tidak biasa. Misalnya, kanker kolon atau dubur bisa menyebabkan kotoran berdarah, sementara darah dalam urin bisa menjadi tanda kanker prostat atau kandung kemih. Penting untuk melaporkan gejala atau pembedahan yang tidak biasa ke dokter Anda untuk dianalisis.

Kehilangan darah mungkin lebih berhati-hati pada kanker perut.

Sakit dan Kelelahan

Kelelahan yang tidak dapat dijelaskan mungkin merupakan gejala lain dari kanker, dan merupakan salah satu tanda yang paling umum. Kelelahan yang sepertinya tidak hilang meski tidur nyenyak bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang mendasarinya - kanker hanyalah satu kemungkinan. ACS mengatakan bahwa kelelahan paling menonjol pada leukemia. Kelelahan juga bisa berhubungan dengan kehilangan darah dari kanker lainnya.

Dalam beberapa kasus, kanker yang telah menyebar (metastasis) dapat menyebabkan rasa sakit. Misalnya, nyeri punggung mungkin ada pada kanker pada:

usus besar
Prostat
Ovarium
dubur

Batuk terus-menerus

Batuk bisa terjadi karena sejumlah alasan. Ini adalah cara alami tubuh Anda untuk menyingkirkan zat yang tidak diinginkan, dan itu bisa terjadi karena pilek, alergi, flu, atau bahkan kelembaban rendah. Ketika sampai pada kanker paru-paru, batuk bisa bertahan lama sekali meski ada pengobatan. Batuk mungkin sering terjadi, dan bisa menyebabkan suara serak. Seiring perkembangan penyakit ini, Anda mungkin akan batuk darah.

Batuk terus-menerus juga kadang merupakan gejala kanker tiroid.

Perubahan Kulit

Perubahan kulit paling sering dikaitkan dengan kanker kulit, dimana mol atau kutil berubah atau membesar. Perubahan kulit tertentu mungkin juga menunjukkan bentuk kanker lainnya. Misalnya, titik putih di mulut bisa menandakan kanker mulut. Benjolan atau benjolan di bawah kulit bisa berupa tumor, seperti pada kanker payudara.

Kanker bisa menyebabkan perubahan kulit lainnya, seperti:

Bintik hitam (hiperpigmentasi)
Pertumbuhan rambut meningkat
Ikterus (mata kuning dan kulit)
Kemerahan

Kanker dengan Tidak Tanda Peringatan

Sementara banyak kanker memiliki gejala, beberapa bentuk lebih bijaksana. Begitulah halnya dengan kanker pankreas, yang mungkin tidak menunjukkan tanda apapun sampai ia berkembang ke stadium lanjut. Riwayat keluarga penyakit ini, serta sering terjadi pembengkakan pankreas (radang) bisa meningkatkan risiko Anda. Jika demikian, dokter Anda mungkin merekomendasikan pemeriksaan kanker secara teratur.

Beberapa kasus kanker paru-paru juga dapat menyebabkan gejala halus di luar batuk yang terkenal. Jenis tertentu dapat meningkatkan kadar kalsium dalam darah, yang mungkin tidak terdeteksi tanpa kerja laboratorium.

Meskipun ada tanda peringatan (atau kekurangannya), tidak mungkin mengetahui bagaimana seseorang merespons jenis kanker tertentu. Gejalanya bervariasi.

Pandangan

Menurut NCI, 589.430 orang mungkin meninggal akibat kanker pada tahun 2015. Pria lebih cenderung menderita kasus fatal, dibandingkan wanita. Pada saat yang sama, 19 juta diperkirakan akan selamat dari kanker pada tahun 2024.

Kunci untuk menjadi statistik dalam kelompok yang terakhir adalah bertanggung jawab atas kesehatan Anda. Pastikan untuk tidak melewatkan pemeriksaan tahunan Anda, dan pastikan Anda melakukan semua pemutaran seperti yang direkomendasikan oleh dokter Anda - ini sangat penting jika kanker tertentu terjadi di keluarga Anda. Dengan berurusan dengan tanda peringatan lebih awal, Anda dapat memperbaiki peluang Anda untuk akhirnya bebas dari kanker.

No comments:

Post a Comment