Monday, April 24, 2017

Cara Diet sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Tubuh yang ideal merupakan dambaan dan idaman setiap orang baik itu wanita maupun pria, memiliki tubuh yang ideal dan sehat akan meningkatkan kepercayaan diri kita bertambah dan dapat memberi nilai lebih untuk diri kita. Tubuh yang  ideal tidak hanya sekedar penampilan saja  tetapi juga berpengaruh pada  kesehatan tubuh kita.

diet sehat dan alami, cara mudah menurunkan berat badan.


Kelebihan berat badan atau yang sering kita kenal dengan obesitas merupakan suatu dampak akibat pola hidup yang tidak sehat. obesitas merupakan momok yang menakutkan bagi semua orang.

Dijaman modern dan serba instan seperti  saat ini kadang membuat kita lupa akan kesehatan kita. Kondisi tubuh yang kelebihan berat badan akan rentan  mengalami penyakit  seperti  stroke, jantung , diabetes dan tekanan darah tinggi.

Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat serta jarang melakukan olahraga merupakan masalah besar masyarakat perkotaan saat ini. Kebanyakan masyarakat terlalu banyak aktivitas sehingga  tidak memiliki waktu  untuk berolahraga .

Banyak buku yang sudah saya baca tentang bagaimana Cara sehat menurunkan Berat Badan. cara yang paling dasar dan paling penting adalah mengubah gaya hidup, pola makan dan rajin berolahraga. dimana faktor tersebutlah yang akan mempengaruhi anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Banyak cara untuk menurukan berat badan salah satunya membeli obat penurun berat badan yang beredar dipasaran, akan tetapi apakah anda tau apa saja efek samping yang mungkin timbul setelah anda mengkonsumsi obat tersebut?

Banyak yang tidak cocok dengan obat penurun berat badan yang beredar dipasaran, sebagian orang yang menerapkan diet dengan  mengonsumsi  obat  yang berbahan kimia dan tidak menerapkan diet sehat  sehingga menimbulkan  efek samping seperti sakit. namun juga banyak yang berhasil menurunkan berat badan mereka dengan obat tersebut. semua tergantung pada kecocokan masing-masing.

Jika anda benar-benar ingin memutuskan menggunakan obat penurun berat badan yang beredar di pasaran, pastikan anda mengenali tubuh anda terlebih dahulu, serta perhatikan kandungan obat yang berada didalamnya, atau anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.

Ada beberapa cara alami menurunkan berat badan yang sehat  dan aman untuk dilakukan sera tidak menimbulkan efek samping  tanpa harus menggunakan obat serta merogoh kantong terlalu dalam. berikut beberapa cara menurunkan berat badan yang sehat:

Cara Diet sehat untuk menurunkan berat badan 

1. Diet Menggunakan Teh Kayu Manis 

Kadar gula darah memiliki pengaruh terhadap berat badan, kadar gula darah yang tinggi akan membuat nafsu makan anda bertambah besar. Kandungan yang tedapat dalam kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah.

Kayu manis juga dapat meningkatkan insulin dan meningkatkan gulkosa dalam darah. Penyebab meningkatnya kadar gula darah adalah banyaknya lemak yang tersimpan dalam tubuh.

Hal ini dapat diatasi oleh kayu manis serta dapat membantu menurunkan berat badan dengan metabolisme gula  dalam tubuh  sehingga pembakaran lemak dalam tubuh lebih cepat dan mencegah transformasi lemak.

Kayu manis juga dapat memperlambat makanan yang kita konsumsi menuju usus, sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama. hal ini akan membuat kita lebih sedikit makan dan membantu menurunkan berat badan. Karbohidrat akan diproses lebih efisien oleh kayu manis sehingga dapat menurunkan berat badan.

Berikut Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Teh Kayu Manis :

pertama siapkan :
- 1 sendok teh kayu manis
- 1 sendok madu asli
-  air panas 1 gelas

kedua, masukan bubuk kayu manis dan madu dalam gelas yang berisi air panas, lalu tunggu sampai 15 sampai 20 menit. minum secara teratur disaat pagi hari, atau sebelum tidur.

2. Diet menggunakan Teh Hijau dan Jahe

Teh hijau memang sudah kita ketahui sejak lama memiliki kandungan yang baik dalam menurunkan berat badan. teh hijau mengandung komponen utama dalam menurunkan berat badan.

asam amino yang terdapat dalam teh hijau mampu mendorong pelepasan dopamin, dopamin adalah senyawa kimia yang membuat anda lebih rileks. jika anda termasuk dalam orang yang ketika stres memiliki nafsu makan yang tinggi maka hal ini penting untuk membantu anda lebih tenang.

Jahe sendiri memiliki peranan untuk meningkatkan sistem pencernaan dan untuk menambah rasa agar lebih nikmat saat diminum dipagi hari berikut cara menurunkan berat badan dengan teh hijau dan jahe:

Petama siapkan :
- 1 sendok teh hijau
- jahe berukuran ibu jari.
- 1 sendok makan madu
- air 1 gelas

kedua. Setelah semua disiapkan kupas jahe dan bersihkan kemudian potong jahe menjadi beberapa bagian, setelah itu didihkan jahe dan teh hijau. Setelah mendidih saring, lalu diamkan 3 sampai 5 menit, kemudian tambahkan madu. aduk sampai merata. Teh hijau dan jahe pun siap diminum. minum selagi perut anda masih dalam keadaan kosong, sehari maksimal 1/2 gelas saja.

3. Parsley

Mungkin anda jarang mendengar tentang daun ini, daun parsley memang hampir mirip dengan daun sledri akan tetapi bukan. Biasanya parsley digunakan untuk mempercantik hidangan makanan di lestoran berbintang.

Namun selain itu ada manfaat yang jauh lebih baik dari daun parsley yaitu mampu menurunkan berat badan. Berkat komponen yang terkandung dalam daun parsley seperti lysine dan asam esensial, sangat dianjurkan unutk membantu menurunkan berat badan secara sehat.

Selain itu daun parsley juga mampu mengurangi kolesterol dan memberikan banyak vitamin dan mineral dan zat besi. Lalu bagai mana cara mengkonsumsi daun parsley. Cara nya sangat simpel pertama siapkan daun parsley, dan wortel. lalu cuci bersih bahan kemudian buat lah jus dengan menambahkan sedikit air.

4. Merica 

Cara yang berikutnya adalah dengan menggunakan lada atau merica dan jeruk lemon. Cara ini mungkin sedikit menimbulkan rasa pedas. Akan tetapi dibalik rasa yang mungkin sedikit pedas dalam jus lemon dan lada ternyata memiliki kandungan yang baik untuk membantu anda menurunkan berat badan secara sehat.

Merica atau lada memiliki kandungan senyawa kimia alami yang disebut dengan piperin, yang bekerja untuk mengontrol lemak, serta mengurangi kadar lemak dalam aliran darah. peran jeruk lemon sendiri untuk menurunkan berat badan. Baca selengkapnya

Cara membuat jus lemon dan merica cukup mudah.
pertama siapkan:
- bubuk lada hitam 1/4 sendok teh
- lemon secukupnya
- 1 sendok madu asli
kemudian jeruk lemon peras untuk diambil air nya, setelah itu campur semua bahan dalam satu gelas air. aduk hingga rata, minum setiap hari selagi perut dalam kondisi kosong.

5. Diet Jus Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan jenis tanaman herbal yang memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan yang luar biasa. lidah buaya terkenal untuk mengatasi masalah pada rambut dan kulit. namun lidah buaya juga memiliki kandungan yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. berikut kandungan yang dimiliki lidah buaya.

Lidah buaya memiliki zat visceral dan phyterols yang mampu mengurangi lemak perut. lemak perut merupakan lemak yang sangat berbahaya, karena lemak ini dapat mengelilingi organ-organ penting dalam tubuh.

Lidah buaya juga mampu mengurangi kadar gula darah. zat physterols yang dimiliki lidah buaya dapat mengontrol kadar gula yang memungkinkan mengurangi berat badan. lidah buaya juga merupakan tanaman yang dapat menetralisir racun dalam tubuh.

lalu bagaimana cara membuat lidah buaya menjadi bahan alami yang sehat untu diet ? cara nya sangat mudah.

pertama siapkan lidah buaya, kemudian kupas kulit lidah buaya dengan dagingnya, cuci lidah buaya hingga bersih. kemudian daging lidah buaya diblender, tambahkan satu gelas air dan madu untuk memberikan rasa yang manis. minum dikit demi sedikit. lakukan secara rutin dan teratur.

6. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat, selain dapat mengobati berbagai macam penyakit kunyit juga dapat menurunkan berat badan. kunyit mampu mengatur kadar gula dalam darah dan juga mampu mencegah terjadinya resentasi terhadap insulin. hal ini dapat mencegah kenaikan lemak dalam tubuh.

Kandungan yang terdapat dalam kunyit meliputi vitamin C, vitamin B1, kalsium, fosfor, karbohidrat, zat besi, protein dan vitamin A. itu kenapa kunyit sangat baik digunakan untuk menurunkan berat badan. cara nya cukup mudah

pertama siapkan
- kunyi berukuran ibu jari anda
- madu 2 sendok makan
setelah bahan terkumpul, cuci kunyit lalu parut setela diparut peras kunyit untuk diambil airnya kemudian tambah kan sedikit air dan madu. anda juga dapat membca lebih lanjut  manfaat kunyit.

7. Merubah Pola Makan Dan Gaya Hidup

Beberapa cara diatas yang menggunakan tanaman herbal yang mudah kita jumpai untuk membantu menurunkan berat badan, akan tetapi ada beberapa hal yang juga wajib anda ketahui tentang bagaimana cara sehat menurunkan berat badan. untuk yang ini bukan menggukan media, akan tetapi lebih kepada merubah gaya hidup dan pola makan anda.
saya akan berbagi sedikit tentang bagai mana cara menurunkan berat badan dengan selalu menjaga gaya hidup dan pola makan.

8. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin merupakan hal yang akan sangat berpengaruh dalam menurunkan berat badan anda. menurut saya yang paling penting yang dapat anda lakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga secara teratur. Lakukan olah raga secara rutin untuk membakar  lemak  dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan . biasakanlah untuk melakukan kegiatan ini untuk mendapatkan hasi l yang maksimal.

Berolahraga lari keliling komplek 30 menit dapat membakar kalori dan lemak jahat pada tubuh anda. usahakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu anda melakukan olah raga. agar apa yang sudah anda usahakan tidak sia-sia dan mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Perbanyak Minum Air Putih

lebih dari 50% tubuh kita mengadung air. oleh karena itu kebutuhan air yang cukup dalam tubuh kita akan membuat metabolisme dalam tubuh dapat bekerja dengan baik. selain itu,  mencukupi kebutuhan air dalam tubuh juga dapat menurunkan berat badan.

Jika anda merasa lapar cobalah untuk minum air putih, selain mengurangi  dehidrasi banyak mengonsumsi  air putih  dapat  menunda rasa lapar anda. dengan minum air putih anda dapat membatasi kalori yang masuk dalam tubuh anda, sehingga mudah dan membantu  untuk menurunkan berat badan.

10. Tidur Yang Cukup

Tubuh kita merupakan unit yang kompleks semua harus bekerja secara berhubungan untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk menjaga berat badan. ketika tubuh kita kurang istirahat maka tubuh kita akan memproduksi hormon yang memacu nafsu makan kita bertambah. hal tersebut tentu akan memicu naik nya berat badan.

Kurang tidur juga akan mengganggu metabolisme dalam tubuh untuk memecah zat-zat makanan yang kita konsumsi menjadi energi, alhasil hal tersebut akan menumpuk dan tertimbun menjadi lemak.

11. Selalu Sarapan Pagi

Banyak orang berasumsi bahwa jika tidak sarapan pagi maka berat badan mereka berkurang, namun banyak studi yang mengungkapkan hal sebaliknya, tidak sarapan pada pagi hari justru hanya akan membuat porsi makan siang anda lebih banyak.

untuk itu sempatkan sarapan pagi setiap hari, mengingat banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari sarapan pagi salah satunya dapat menurunkan berat badan.

12. Mencukupi Kebutuhan Serat

Saat melakukan program penurunan berat badan memenuhi kebutuhan serat memang sangat penting. asupan serat yang cukup saat diet akan membuat sisitem pencernaan bekerja dengan baik.

Saat sedang menjalankan program diet asupan makanan yang masuk ketubuh kita akan berkurang. otomatis asupan energi yang dibutuhkan tubuh berkurang. dengan mencukupi kebutuhan serat maka akan mempermudah tubuh menyerap nutrisi.

Anda dapat memenuhi kebutuhan serat anda dengan memperbanyak makan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan gandum.

13. Mengatur Pola Makan

Mengatur porsi makan merupakan hal yang efektif untuk mengurangi jumlah kalori. trik ini memang sudah ada dan sudah banyak yang menerapkannya. makan dengan porsi yang pas dan ideal tentu akan jauh lebih sehat dibanding dengan makan dengan porsi yang tidak wajar.

14. Cek Berat Badan Secara Rutin

Menimbang badan merupakan hal yang akan berdapak fositif untuk mengontrol berat badan. orang yang rutin menimbang badan setidaknya seminggu sekali akan memiliki tingkat penurunan berat badan.

15. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat dan Segar

Yang terakhir adalah selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, makanan  yang sehat   tidak hanya berdampak  pada kesehatan tubuh akan tetapi juga akan berpengaruh terhadap berat badan anda.

Seperti yang sudah saya bahas diawal, menurunkan berat badan adalah hal yang tidak sulit dimana gaya hidup dan pola makan lah yang mempenagruhi berat badan anda. cara-cara dan tips diatas adalah sebagai pendamping agar diet anda berhasil dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui bahwa diet yang sehat akan memerlukan waktu dan proses tidak bisa langsung dan instan, perlu kesabaran dan komitmen yang kuat. dengan menggunakan cara-cara diatas dan didampingi olahraga yang baik, mudah-mudahan berat badan anda akan juah lebih ideal.

semoga beberapa cara sehat menurunkan berat badan diatas dapat membantu dan memotivasi kita. trimakasih.

No comments:

Post a Comment