Sunday, April 30, 2017

Penjelasan tentang Stadium kanker

Penjelasan tentang Stadium adalah cara untuk menggambarkan tentang ukuran kanker dan seberapa jauh perkembangannya. Ketika dokter pertama kali mendiagnosis kanker, mereka melakukan tes untuk memeriksa seberapa besar kanker dan apakah telah menyebar ke jaringan sekitarnya. Mereka juga memeriksa apakah telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Sistem stadium kanker ini kadang-kadang mencakup penilaian kanker, yang menggambarkan seberapa mirip sel kanker dengan sel normal.

Mengapa Stadium itu penting

Stadium penting karena membantu tim perawatan Anda mengetahui perawatan yang Anda butuhkan. Jika kanker hanya ada di satu tempat, maka pengobatan lokal seperti pembedahan atau radioterapi bisa cukup untuk menyingkirkannya sepenuhnya. Perlakuan lokal hanya mengobati satu area tubuh.

Jika kanker telah menyebar, maka pengobatan lokal saja tidak akan cukup. Anda memerlukan perawatan yang beredar di seluruh tubuh. Ini disebut perawatan sistemik. Kemoterapi, terapi hormon dan terapi biologis adalah perawatan sistemik karena mereka beredar di aliran darah.

Penjelasan tentang Stadium kanker
Stadium kanker

Terkadang dokter tidak yakin apakah kanker telah menyebar ke bagian lain tubuh atau tidak. Mereka melihat kelenjar getah bening di dekat kanker. Jika ada sel kanker di simpul ini, itu pertanda bahwa kanker sudah mulai menyebar. Dokter kanker menyebutnya memiliki kelenjar getah bening positif. Sel-sel telah terlepas dari kanker aslinya dan terjebak dalam kelenjar getah bening. Tapi tidak selalu mungkin untuk mengetahui apakah mereka telah pergi ke tempat lain.

Jika sel kanker ditemukan di kelenjar getah bening, dokter biasanya menyarankan perawatan adjuvan. Ini berarti pengobatan di samping pengobatan untuk tumor primer utama (kemoterapi setelah operasi, misalnya). Tujuannya adalah untuk membunuh sel kanker yang telah melepaskan diri dari tumor primer.

Jenis sistem Stadium

Ada dua jenis sistem Stadium utama untuk kanker. Ini adalah sistem TNM dan sistem bilangan.
Sistem itu berarti :

Dokter memiliki bahasa yang sama untuk menggambarkan ukuran dan penyebaran kanker

Hasil pengobatan dapat dibandingkan secara akurat antara penelitian

Panduan untuk perawatan dapat distandariskan antara rumah sakit dan klinik pengobatan yang berbeda

Beberapa kanker darah atau kanker sistem getah bening memiliki sistem stadiumnya sendiri.
  

Sistem Stadium TNM

TNM adalah singkatan dari Tumor, Node, Metastasis. Sistem ini menggambarkan ukuran kanker awal (tumor primer), apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, dan apakah telah menyebar ke bagian tubuh yang berbeda (metastasised). Sistem ini menggunakan angka untuk menggambarkan kanker.

T mengacu pada ukuran kanker dan seberapa jauh penyebarannya ke jaringan terdekat - bisa jadi 1, 2, 3 atau 4, dengan 1 menjadi kecil dan 4 besar.

N mengacu pada apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening - bisa di antara 0 (tidak ada kelenjar getah bening yang mengandung sel kanker) dan 3 (banyak kelenjar getah bening yang mengandung sel kanker)

M mengacu pada apakah kanker telah menyebar ke bagian lain tubuh - bisa jadi 0 (kanker belum menyebar) atau 1 (kanker telah menyebar).

Jadi misalnya, kanker kecil yang telah menyebar ke kelenjar getah bening tapi tidak ke tempat lain di tubuh mungkin adalah T2 N1 M0. Atau kanker yang lebih maju yang telah menyebar bisa jadi T4 N3 M1.

Terkadang huruf a, b atau c digunakan untuk membagi kategori lebih jauh. Misalnya, stadium kanker paru-paru M1a (kanker telah menyebar ke paru-paru lainnya) dan stadium kanker paru-paru M1b (kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain).

Huruf p terkadang digunakan sebelum huruf TNM - misalnya pT4. Ini adalah singkatan dari tahap patologis. Artinya stadium tersebut didasarkan pada pemeriksaan sel kanker di laboratorium setelah operasi untuk menghilangkan kanker.

Penjelasan tentang Stadium kanker
Stadium kanker

Huruf c terkadang digunakan sebelum huruf TNM - misalnya cT2. Ini singkatan dari tahap klinis. Ini berarti panggung didasarkan pada apa yang diketahui dokter tentang kanker sebelum operasi. Tahapan ini didasarkan pada informasi klinis dari memeriksa Anda dan melihat hasil tes Anda.

Sistem Stadium nomor

Sistem Stadium nomor biasanya menggunakan sistem TNM untuk membagi kanker menjadi beberapa tahap. Sebagian besar jenis kanker memiliki 4 tahap, terhitung dari 1 sampai 4. Seringkali dokter menulis angka di angka Romawi. Jadi Anda mungkin melihat tahap 4 yang dituliskan sebagai tahap IV.

Berikut adalah ringkasan singkat tentang apa arti tahapan untuk sebagian besar jenis kanker :

Tahap 1 biasanya berarti bahwa kanker relatif kecil dan terkandung di dalam organ yang dimilikinya.

Tahap 2 biasanya berarti kanker belum mulai menyebar ke jaringan sekitar tapi tumornya lebih besar dari pada stadium 1. Kadang stadium 2 berarti sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening yang dekat dengan tumor. Hal ini tergantung pada jenis kanker tertentu.

Tahap 3 biasanya berarti kanker lebih besar. Ini mungkin mulai menyebar ke jaringan sekitarnya dan ada sel kanker di kelenjar getah bening di daerah tersebut.
Stadium 4 berarti kanker telah menyebar dari tempat organ tubuh lainnya dimulai. Ini juga disebut kanker sekunder atau metastasis.

Terkadang dokter menggunakan huruf A, B atau C untuk selanjutnya membagi kategori angka - misalnya kanker serviks stadium 3B.

Karsinoma in situ :

Karsinoma in situ kadang disebut kanker stadium 0 atau 'in situ neoplasma'. Artinya ada sekelompok sel abnormal di area tubuh. Sel-sel bisa berkembang menjadi kanker pada suatu waktu di masa depan. Perubahan sel disebut displasia. Jumlah sel abnormal terlalu kecil untuk membentuk tumor.

Beberapa dokter dan peneliti menyebut perubahan sel 'perubahan prakanker' atau 'kanker non invasif' ini. Tapi banyak daerah karsinoma in situ tidak akan pernah berkembang menjadi kanker. Jadi beberapa dokter merasa bahwa istilah ini tidak akurat dan mereka tidak menggunakannya.


Karena daerah sel abnormal ini masih sangat kecil mereka biasanya tidak ditemukan kecuali mereka berada di tempat yang mudah dikenali, misalnya di kulit. Karsinoma in situ pada organ dalam biasanya terlalu kecil untuk muncul pada pemindaian. Namun tes yang digunakan dalam program skrining kanker dapat mengambil karsinoma in situ di payudara atau leher rahim (serviks).

No comments:

Post a Comment