Sunday, November 19, 2017

Mengetahiu Apa Itu Kangker Serviks Dan Penyebabnya?

Kanker serviks adalah kangker yang timbul  di leher rahim. Leher rahim adalah sebagai pintu masuk dari vagina ke rahim. Leher rahim Yang normal dan sehat adalah warna pink dan ditutupi dengan sel tipis yang disebut sel skuamosa. 

apa-itu-kangker-serviks-dan-apa-penyebab-kangker-serviks
Leher rahim atau serviks terdiri dari sel lain yang disebut sel kolumnar. Area di mana sel-sel ini bertemu disebut "zona transformasi" (zona-T) dan merupakan lokasi yang paling mungkin terjadi untuk sel-sel abnormal atau prakanker berkembang.

Sebagian besar kanker serviks (80 sampai 90 persen) adalah kanker sel squamous. Adenokarsinoma adalah jenis kanker serviks kedua yang paling umum, terhitung tersisa 10 sampai 20 persen kasus. Adenokarsinoma berkembang dari kelenjar yang menghasilkan lendir di endoserviks. Meskipun kurang umum dibandingkan karsinoma sel skuamosa, kejadian adenokarsinoma meningkat, terutama pada wanita yang lebih muda.

Kanker serviks adalah jenis kanker kedua yang paling umum diderita wanita di seluruh dunia, namun karena berkembang dari waktu ke waktu, ini juga merupakan salah satu jenis kanker yang paling mudah dicegah.

Kanker serviks cenderung terjadi pada usia paruh baya. Setengah dari wanita yang didiagnosis menderita penyakit ini berusia antara 35 dan 55 tahun. Ini jarang mempengaruhi wanita di bawah usia 20, dan sekitar 20 persen diagnosis dilakukan pada wanita berusia lebih tua dari 65 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan diusai produktif 20 sampai 30 tahun tidak dapat terinfeksi virus ini. 


Penderita Kangker Serviks Di indonesia

Banyak dari kita tahu kanger serviks adalah pembunuh no 1 di indonesia. Jumlah data penderita kangker serviks di indonesia pada tahun 2016 mencapai angka 17,8 juta jiwa dan pada tahun 2017 meningkat hingga 21,7 juta jiwa. meningkat hingga 3,9% dari tahun 2016. Data WHO menyebutkan bahwa indonesia menempati urutan pertama terbanyak penderita kangker serviks. WHO juga memprediksikan, tahun 2030 akan terjadi peningkatan penderita kangker serviks hingga 7kali lipat.

Apa yang penyebab kanker serviks?

Human Papillomavirus Adalah Penyebab Utama Kangker Serviks

Sekitar 99% kasus kangker serviks disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV). Ada lebih dari 100 jenis HPV yang berbeda, yang sebagian besar dianggap berisiko rendah dan tidak menyebabkan kanker serviks. Namun Ada juga Jenis HPV berisiko tinggi dan dapat menyebabkan timbulnya sel kanker. Lebih dari 70 persen kasus kanker serviks disebabkan oleh dua jenis virus yaitu, HPV-16 dan HPV-18, yang sering disebut sebagai jenis HPV berisiko tinggi.

HPV sendiri biasanya ditularkan melalui hubungan seks dan dapat menyebabkan munculnya kangker serviks. Banyak dari wanita tidak menyadari bahwa mereka telah terinfeksi karena HPV. HPV sendiri tidak menimbulkan tanda-tanda atau gejala. Seorang wanita harus lebih menyadari infeksi ini terjadi meskipun mereka tidak menderita kangker.

Dalam sejumlah kasus kecil wanita virus HPV mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama (dari beberapa tahun sampai beberapa dekade), beberapa sel abnormal ini kemudian dapat berkembang menjadi kanker serviks.

Gejala Kangker Serviks


Sama yang sudah saya sebutkan diatas kanker serviks pada awal umumnya tidak menyebabkan gejala. Untuk alasan ini, Screening rutin melalui tes Pap dan HPV dapat membantu menangkap perubahan sel prakanker lebih awal dan mencegah perkembangan kanker serviks.

Screening atau tes pap adalah tes dimana kita dapat mengetahui lebih awal perkembangan sel-sel upnormal yang dapat beresiko menyebabkan kangker serviks. Tes ini biasanya dilakukan dengan cara mengambil sempel dari laher rahim dan di analisa dengan mikroskop. Dengan kita melakukan tes screening dan pap kita akan mengetahui hasil dari sel tersebut apakah kita memiliki sel sel abnormal, tes juga berguna untuk mencegah datang nya kangker serviks lebih awal.

Kemungkinan gejala kangker serviks lebih lanjut mungkin termasuk pendarahan vagina yang abnormal atau tidak teratur, nyeri saat berhubungan seks, atau keputihan. Segera lakukan konsultasi kedokter jika anda mengalami hal demikian.
  • Perdarahan tidak normal, seperti
  • Pendarahan antara periode menstruasi anda
  • Perdarahan setelah melakukan hubungan seksual
  • Pendarahan setelah douching
  • Perdarahan setelah pemeriksaan pelvis
  • Pendarahan setelah menopause
  • Nyeri panggul tidak berhubungan dengan siklus menstruasi Anda
  • Meningkatnya frekuensi kencing
  • Sakit saat buang air kecil


Gejala ini juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan lainnya, tidak berhubungan dengan kanker serviks. Jika Anda mengalami gejala di atas, segera konsultasi pada dokter anda agar dapat tindakan lebih lanjut dan untuk mengetahui penyakit apa yang anda derita.

Tingkat Stadium Kangker Serviks


Sebagian besar kanker memiliki empat tahap: stadium I (satu) sampai IV (empat). Beberapa jenis kanker juga memiliki stadium 0 (nol).

Tahap 0. Tahap ini menggambarkan kanker in situ, yang berarti "di tempat." Stadium 0 kanker masih berada di tempat yang mereka mulai dan belum menyebar ke jaringan terdekat. Tahapan kanker ini seringkali sangat bisa disembuhkan, biasanya dengan mengeluarkan seluruh tumor dengan operasi.

Tahap I. Tahap ini biasanya merupakan kanker kecil atau tumor yang belum tumbuh secara mendalam ke jaringan terdekat. Ini juga belum menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian tubuh lainnya. Hal ini sering disebut stadium awal kanker.

Tahap II dan III. Tahapan ini menunjukkan kanker atau tumor lebih besar yang tumbuh lebih dalam ke jaringan terdekat. Mereka mungkin juga menyebar ke kelenjar getah bening tapi tidak ke bagian tubuh yang lain.

Tahap IV. Tahapan ini berarti bahwa kanker telah menyebar ke organ lain atau bagian tubuh. Mungkin juga disebut kanker lanjut atau kanker metastatik.

Harapan Sembuh Penderita kangker


Kita ketahui bersama kangker merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia dan sulit untuk disembuhkan. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas tingka kesembuhan pasiaen penderita kangker adalah tergantung dengan stadium berapa kangker tersebut.

No comments:

Post a Comment