Tuesday, November 21, 2017

12 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Kopi sebenarnya sangat sehat Hal ini dikarenakan antioksidan dan nutrisi yang berada dalam kopi bermanfaat dan bisa meningkatkan kesehatan Anda. Studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa seseorang peminum kopi memiliki risiko penyakit yang jauh lebih rendah.

manfaat kopi untuk kesehatan,manfaat kopi untuk menjaga kesehatan

Berikut ini adalah 12 manfaat kesehatan yang terdapat pada kopi.

1. Kopi Dapat Meningkatkan Tingkat Energi dan Membuat Anda Lebih Cerdas

Kopi bisa membantu orang merasa kurang lelah dan meningkatkan tingkat energi hingga (1, 2).
Ini karena zat kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, yang sebenarnya adalah zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia.Setelah Anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah. Dari situ, dialirikan menuju ke otak. Di otak, kafein menghambat neurotransmiter penghambat yang disebut Adenosin.

Ketika itu terjadi, jumlah neurotransmitter lain seperti norepinephrine dan dopamine meningkat, menyebabkan peningkatan penambahan neuron. Banyak percobaan yang dilakukan dan menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak. Ini termasuk memori, mood, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi kognitif umum.

Kopi menghambat neurotransmitter penghambat di otak, yang menyebabkan efek stimulan. Hal ini meningkatkan tingkat energi, mood dan berbagai aspek fungsi otak.

2. Kopi Dapat Membantu Membakar Lemak

Tahukah Anda bahwa kafein ditemukan di hampir semua suplemen pembakar lemak yang dijual dipasaran. Ada alasan dibalik itu kafein adalah satu dari sedikit zat alami yang sebenarnya telah terbukti membantu pembakaran lemak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sebesar 3-11%. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada sesorang yang memiliki.

Namun perlu diketahui, ada kemungkinan efek ini akan berkurang pada peminum kopi dalam jangka panjang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh dan meningkatkan tingkat metabolisme.

3. Kopi Dapat Memperbaiki Kemampuan Tubuh

Kopi merangsang sistem saraf, yang dapat mengirim sinyal ke sel lemak untuk menghancurkan lemak dalam tubuh. Tapi kafein juga meningkatkan kadar Epinefrin (Adrenalin) dalam darah.
Ini adalah hormon "fight or flight", yang dibuat untuk membuat tubuh kita siap untuk tenaga fisik yang intens. Kopi membuat sel-sel lemak da dapat menghancurkan lemak tubuh, mengalirkan ke dalam darah sebagai asam lemak bebas dan membuatnya tersedia sebagai bahan energi.

Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya, tidak mengherankan jika kafein dapat memperbaiki performa fisik anda hingga 11-12%.Jika anda suka olahraga atau sedang menjalankan program menurunkan berat badan dengan pergi ke gym, minum secangkir kopi sebelum berangkat gym adalah hal baik untuk dilakukan.

Kafein dapat meningkatkan kadar adrenalin dan melepaskan asam lemak dari jaringan lemak. Hal ini juga menyebabkan peningkatan kinerja fisik yang sangat signifikan.

4. Terdapat Nutrisi dalam Kopi

Kopi lebih dari sekedar air hitam yang memiliki rasa yang pahit. Banyak nutrisi dalam biji kopi yang membuatnya menjadi minuman yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Nutrisi dalam Secangkir kopi

  • Riboflavin (Vitamin B2): 11%
  • Asam Pantotenat (Vitamin B5): 6%
  • Mangan dan Kalium: 3%
  • Magnesium dan Niacin (B3): 2%


Kopi mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk Riboflavin, Pantothenic Acid, Manganese, Potassium, Magnesium dan Niacin.

5. Kopi Dapat Menurunkan Resiko Diabetes

Diabetes adalah masalah kesehatan yang sangat besar bagi setiap negara di belahan dunia, saat ini sekitar 300 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes. Diabetes adalah sesuatu penyakit yang ditandai dengan peningkatan gula darah dalam konteks resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk mengeluarkan insulin dalam tubuh. Untuk beberapa kasus, seseorang peminum kopi memiliki risiko penurunan diabetes secara signifikan.

Menurut sebuah peninjauan yang melihat data dari 18 penelitian dengan total 457.922 orang, setiap cangkir kopi dapat menurunkan resiko diabetes 7%.
Beberapa penelitian observasional menunjukkan bahwa seorang peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes.

6. Kopi Dapat Melindungi Anda Dari Penyakit Demensia

Demensia adalah suatu gejala yang disebabkan oleh penyakit atau kelainan pada otak. Demensia biasanya ditandai dengan terganggunya mental seseorang yang menyebabkan gangguan berpikir dan hilangnya ingatan. Demensia juga mampu menyebabkan perubahan sifat dan perilaku seseorang. Jika tidak segera ditangani dengan serius, gejala demensia akan semakin buruk dan akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari si penderita. Penyakit ini biasanya menyerang orang berusia di atas 65 tahun. Sayangnya, tidak ada obat yang dikenal untuk penyakit ini.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah agar anda terhindar dari penyakit ini. Yaitu dengan mengubah pola makan yang lebih sehat, beroahraga dengan teratur. Dengan minum kopi anda juga dapat menghindari penyakit ini sangat efektif.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang peminum kopi memiliki resiko 65% lebih rendah terserang penyakit demensia

7. Kopi menurunkan risiko penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif kedua yang paling umum, tepat setelah penyakit demensia. Penyakit Parkinson adalah penyakit gemetaran yang sudah parah. Sama seperti dengan Demensia, belum diketahhui obat yang mampu untuk meyembuhkan nya, yang lebih penting saat ini adalah fokus pada pencegahan nya.

Dalam studi kasus yang pernah dibuat, seseorang peminum kopi memiliki risiko penyakit Parkinson yang jauh lebih rendah, dengan pengurangan risiko berkisaran antara 32-60%. Dalam kasus ini, nampaknya manfaat kopi dapat mencegah seseorang terserang penyakit parkinson.

8. Kopi Menjaga dan Melindungi Hati Dari Kangker

Hati merupakan organ yang sangat penting dimana hati memiliki ratusan fungsi penting dalam tubuh. Ada Beberapa penyakit umum yang dapat mempengaruhi kerja hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan lain-lainnya.

Seseorang yang minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari memiliki risiko 80% lebih rendah terserang berbagai macam penyakit hati.

9. Kopi Bisa Melawan Depresi dan Membuat Bahagia

Depresi adalah gangguan jiwa yang sangat serius jika tidak segera ditangani depresi dapat menyebabkan kualitas hidup berkurang secara signifikan. 2 dari 10 orang menderita depresi yang terbilang cukup serius.

Dalam sebuah penelitian di Harvard yang diterbitkan pada tahun 2011, seseorang yang meminum 4 atau lebih cangkir kopi per hari memiliki risiko 20% lebih rendah terserang depresi. Manfaat Kopi untuk kesehatan tampaknya dapat menurunkan risiko terkena depresi.

10. Peminum Kopi Memiliki Resiko Terhindar Dari Berbagai Jenis Kangker Lebih Rendah
Kanker adalah salah satu penyebab kematian nomer 1 di dunia dan ditandai oleh pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di dalam tubuh. Manfaat Kopi untuk kesehatan tampaknya sangat baik untuk melindungi dua jenis kanker yaitu, kanker hati dan kanker usus.

Kanker hati menduduki urutan nomer 3 penyebab utama kematian di dunia akibat kangker, sedangkan kanker usus menempati urutan ke 4.
Studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa seseorang peminum kopi berisiko 40% lebih rendah terserang kanker hati.

11. Kopi Dapat Menurunkan Resiko Setroke Dan Tidak Mengakibatkan Penyakit jantung

Banyak yang mengatakan kopi dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Memang benar kopi dapat meningkatkan tekanan darah, akan tetapi pengaruhnya sangatlah kecil hanya 3-4mm/Hg saja, dan biasanya akan hilang jika anda secara rutin minum kopi. Namun perlu di ingat, efeknya mungkin akan sangat terasa pada beberapa orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Faktanya, penelitian TIDAK mendukung mitos bahwa kopi dapat menimbulkan risiko penyakit jantung, ada beberapa bukti bahwa seseorang yang minum kopi memiliki risiko penyakit jantung yang cenderung berkurang.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa seseorang peminum kopi memiliki risiko stroke 20% lebih rendah. Kopi dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah ringan, yang biasanya akan berkurang seiring berjalannya waktu

12. Kopi Merupakan Sumber Antioksidan Untuk Program Diet


Manfaat Kopi untuk kesehatan selanjutnya adalah kandungan antioksidan yang terdapat dala kopi dapat membantu program diet. Banyak yang menggunakan metode ini dalam menjalankan program dietnya. Dengan cara minum secangkir kopi sebelum anda melakukan olah raga. Ada banyak cara untuk menurunkan berat bdan, salah satu nya adalah menggunakan Metode Diet Mayo

No comments:

Post a Comment