Thursday, November 16, 2017

Cara Mudah Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Insomnia

Apa yang Harus Dilakukan Saat kita Tidak Bisa Tidur?

cara mengobati-insomnia-cara-mengatsi-susah-tidur


Apakah Anda susah untuk bisa tidur tidak peduli seberapa lelah Anda? Atau apakah Anda terbangun di tengah malam dan terbangun berjam-jam, dan tidak bisa untuk tidur kembali? Jika kita susah tidur itu berati kita menderita insomnia atau penyakit susah tidur.

Insomnia adalah sebuah penyakit dimana sipenderita susah untuk tidur dimalam hari. Dampak insomnia adalah dapat menguras energi, mood, dan kemampuan kita untuk beraktifitas di siang hari. Insomnia kronis bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Tapi kita tidak perlu khawatir jika kita susah untuk tidur. Dengan mengatasi penyebab insomnia dan membuat perubahan sederhana terhadap pola tidur kita.

Apa itu insomnia?

Insomnia adalah ketidakmampuan seseorang untuk tidur di malam hari, yang mengakibatkan tidur kita tidak menyegarkan atau tidak restoratif. Setiap orang sejatinya membutuhkan kurang lebih 8 jam untuk beristirahat.

insomnia juga dapat didefinisikan melalui kualitas tidur kita dan bagaimana perasaan kita saat setelah tidur-bukan jumlah jam tidur kita atau seberapa cepat kita tertidur. Bahkan jika kita menghabiskan 8 jam untuk tidur, dan setelah itu kita masih merasa mengantuk dan lelah di siang hari, kemungkinan kita mengalami insomnia.

insomnia adalah penyakit yang sering terjadi pada setiap orang, jadi insomnia bukan kelainan tidur. Masalah yang menyebabkan seseorang mendeita insomnia berbeda beda. Contoh yang sederhana seperti minum terlalu banyak kopi di siang hari atau masalah yang lebih kompleks seperti kondisi medis atau merasa kelebihan beban dengan tanggung jawab.
Gejala-gejala insomnia dapat kita ketahui dengan memperhatikan hal-hal berikut :

Gejala insomnia:


Kesulitan tertidur meski lelah
Bangun sering di malam hari
Kesulitan kembali tidur saat terbangun
Kantuk siang hari, kelelahan, atau mudah tersinggung
Kesulitan berkonsentrasi di siang hari

Setelah kita mengetahui gejala-gejala insomnia, salanjutnya kita mencari tau apa saja sebenenarnya peyebab susah tidur atau insomnia ini, berikut beberapa penyebab insomnia:

Penyebab insomnia

Mencari tahu mengapa Anda tidak bisa tidur

Agar dapat mengobati dan menyembuhkan insomnia kita, kita perlu mncari tau masalahnya. Biasanya Masalah emosional seperti stres, kecemasan, dan depresi menyebabkan setengah dari semua kasus insomnia. Tapi kebiasaan siang hari Anda, rutinitas tidur, dan kesehatan fisik juga bisa berpengaruh. Cobalah untuk mengidentifikasi semua kemungkinan penyebab insomnia kita. Begitu kita mengetahui penyebabnya, Kita bisa mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya.

Apakah Anda mengalami banyak tekanan?

Apakah Anda depresi? Apakah Anda merasa emosional datar atau putus asa?
Apakah Anda berjuang dengan perasaan cemas atau khawatir?
Apakah Anda baru saja mengalami pengalaman traumatis?
Apakah Anda minum obat apa pun yang mungkin mempengaruhi tidur Anda?
Apakah Anda memiliki masalah kesehatan yang mungkin mengganggu tidur?
Apakah lingkungan tidur Anda sepi dan tidak nyaman?
Apakah Anda mencoba tidur dan bangun sekitar waktu yang sama setiap hari?

Penyebab psikologis dan medis umum dari insomnia

Terkadang, insomnia hanya berlangsung beberapa hari dan hilang dengan sendirinya, dengan dilandasi beberapa faktor, seperti tekanan darah dan lain-lain. Seseorang penderita Insomnia kronis biasanya mengalami gangguan masalah mental atau fisik yang mendasarinya.

Kegelisahan, stres, dan depresi adalah beberapa penyebab paling umum dari insomnia kronis. Kesulitan tidur juga bisa membuat gejala kegelisahan, stres, dan depresi memburuk. Penyebab emosional dan psikologis umum lainnya termasuk kemarahan, kekhawatiran, kesedihan, gangguan bipolar, dan trauma. Mengobati masalah mendasar ini sangat penting untuk mengatasi insomnia kita.

Masalah medis atau penyakit. Banyak kondisi medis dan penyakit dapat menyebabkan insomnia, termasuk asma, alergi, penyakit Parkinson, hipertiroidisme, acid reflux, penyakit ginjal, dan kanker. Nyeri kronis juga merupakan penyebab umum insomnia.

Obat-obatan Banyak obat resep dapat mengganggu tidur, termasuk antidepresan, stimulan untuk ADHD, kortikosteroid, hormon tiroid, obat tekanan darah tinggi, dan beberapa alat kontrasepsi. Penyengat over-the-counter yang umum termasuk obat flu dan flu yang mengandung alkohol, penghilang rasa sakit yang mengandung kafein (Midol, Excedrin), diuretik, dan pil pelangsing.


Kebiasaan yang menyebabkan insomnia dan mengganggu tidur

Menangani masalah fisik dan mental yang mendasar adalah langkah awal yang baik, untuk mengatasi insomnia Kita. Kita juga perlu melihat kebiasaan sehari-hari Kita. Beberapa hal yang kita lakukan untuk mengatasi insomnia malah justru memperburuk pola tidur kita.

Misalnya, mungkin kita sering menggunakan obat tidur atau alkohol untuk bisa tertidur. Kebiasaan lainnya adalah mungkin kita sering minum kopi dalam jumlah berlebihan di siang hari, sehingga sulit untuk tertidur di malam hari. Kebiasaan siang hari lainnya yang dapat berdampak negatif pada kemampuan tidur kita di malam hari yaitu  tidur siang dan makan makanan bergula.

Tidak hanya kebiasaan siang hari yang buruk dapat menyebabkan insomnia, namun tidur malam yang buruk juga dapat membuat kebiasaan ini lebih sulit untuk diperbaiki, menciptakan siklus jam tidur yang tidak baik.

gejala-insomnia-gejala-susah-tidur-cara-mengobati-insomnia


Cara mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Mengurangi Kafein

Mengurangi jumlah kafein adlah cara terbaik untuk mangetur pola tidur kita. Sebelum itu kita harus tahu dulu dari mana saja sumber kafein itu berasal. Sumber kafein berasal dari kopi, minuman energi, minuman bersoda atau berasal dari obat-obattan.

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein dapat menyebabkan gelisah dan gugup. Lalu berapa banyak kita dapat minum kopi  dalam sehari? Agar aman sehari kita hanya diperbolehkan minum  kopi 2 sampai 4 gelas saja tidak boleh lebih dari itu. Sedangkan kandungan gula yang berada di minuman soda, minuman energi, juga dapat menyebabkan gangguan tidur kit

Mengurangi stres

Tampaknya Ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan akan tetapi mengurangi stres atau setidaknya mengendalikan stres dengan cara yang lebih positif akan membantu insomnia kita. Stres menyebabkan pikiran kita bertanya-tanya saat kita terbangun dengan banyak hal yang terjadi melalui kepala kita. Cobalah untuk mengikat semua yang positif sebelum tidur. 

Jika anda sebelum tidur meninggalkan sebuah pekerjaan entah itu pekerjaan kantor atau rumah tangga, alangkah baiknya jika sebelum tidur selesaikan dulu pekerjaan tersebut. Agar saat anda sedang tidur sesuatu yang belum anda selesaikan tidak berada dalam fikiran kita.

Mengkonsumsi Obat-obatan

Jika kita minum obat apapun, baca efek samping yang diungkapkan. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang obat tersebut sebaiknya kita berkonsultasi dengan apoteker atau dokter kita. Beberapa obat mengandung kafein seperti: antidepresan; obat flu dan flu yang mengandung alkohol; penghilang rasa sakit yang mengandung kafein (Midol, Excedrin); diuretik, kortikosteroid, hormon tiroid, obat tekanan darah tinggi.

Kondisi medis

Ada beberapa kondisi medis atau penyait yang bisa menyebabkan insomnia atau susah tidur. Beberapa Penyakit tersebut adalah: asma, alergi, penyakit Parkinson, hipertiroidisme, acid reflux, penyakit ginjal, kanker, atau sakit kronis.

Jika Anda menderita salah satu kondisi medis atau penyakit kesehatan lainnya yang membuat kita menderita insomnia saya sarankan segera hubungi dokter pribadi kita, agar dapat penanganan lebih lanjut.

Lingkungan Kamar tidur

Lihatlah lingkungan sekitar tempat tidur kita dan evaluasi. Bagaimana pencahayaannya? Apakah ada konsep atau area yang terlalu cepat panas? Apakah kita menyalakan laptop / tablet di tempat tidur kita? Tanyakan pada diri kita pertanyaan ini dan kerjakan pemecahan masalah yang menyebabkan kita menderita insomnia. Sesuaikan pencahayaan dalam ruang tidur kita, jangan membawa masalah pekerjaan kita saat menjelang tidur.


Hal yang harus dihindari sebelum tidur:

Jangan terlalu banyak minum jika anda ingin tidur, jika kita terlalu banyak minum maka kita akan terbangun ditengah malam, apalagi diusia kita yang terbilang lanjut. Dengan tidak terlalu banyak minum sejam sebelum tidur mudah mudahan kita tidak akan terbangun di tengah malam dan tidak akan bolak balik kekamar mandi.

Minum alkohol. Alakohol memang tidak baik untuk kesehatan kita dalam segala aspek tidak ada yang menganjurkan untuk mengkonsumsi alkohol. Alkohol juga akan mengganggu pola tidur kita yang juga akan menyebabkan kita terbangun dimalam hari.

Makan malam. Bagi kita yang sedang menjlankan program diettentu kita biasanya tidak akan makan malam. Biasanya kita makan malam hanya mengkonsumsi makan mkanan ringan. Itu dalah langkah baik untuk mencegah insomnia agar kita tidak bangun ditengah malam. Hindari makan makanan pedas atau asam karena dapat menyebabkan sakit perut dan mulas sehingga mengganggu tidur kita.

Cara Mengatasi Insomnia atau Bangun Ditengah malam

Setiap penderita insomnia memiliki kriteria berbeda beda, aday yang tidak bisa tidur sebelum jam 3 pagi misalkan ada juga yang dapat tidur tepat waktu jam 9 misalkan akan tetapi kemudian terbangun di tengah malam. Kemudian kita berjuang untuk kembali tidur namun susah, berikut ada beberapa tip berikut mungkin bisa membantu.

Menenangkan fikiran.  usahakan jangan sampai stres karena kita tidak mampu untuk tidur lagi, karena stres itu hanya akan mendorong tubuh kita untuk tetap segar . agar kita tetap rileks, fokuskan pada perasaan di tubuh kita atau lakukan latihan pernapasan. Tarik napas, lalu hirup perlahan lalu keluarkan perlahan, Ambil napas lagi dan ulangi.

Rileks kan tubuh kita. Jika kita merasa sulit untuk kembali tidur, cobalah teknik relaksasi seperti visualisasi, relaksasi otot progresif, atau meditasi, yang bisa dilakukan bahkan tanpa beranjak dari tempat tidur. relaksasi tetap bisa membantu meremajakan pikiran dan tubuh kita.

Lakukan aktivitas yang tenang. Jika Anda sudah bangun lebih dari 20 menit, bangun dari tempat tidur dan melakukan aktivitas yang tenang, seperti membaca buku. Jauhkan pandangan kita dari sinar dan hindari layar  seperti monitor dan ponsel. 

Jangan cemas atau memikirkan sesuatu. Jika kita bangun pada malam hari karena cemas akan sesuatu, tuliskan secara singkat apa yang membuat kita cemas di atas kertas untuk menunda kekhawatiran akan masalah tersebut sampai besok kita dapat mengerjakannya. Demikian juga, jika kita memiliki sebuah ide, catatlah itu di atas kertas dan jangan tidur lagi karena tkita tahu akan jauh lebih produktif setelah istirahat malam yang nyenyak.

Teknik relaksasi yang bisa membantu kita kembali tidur


Pernapasan perut. tidak hanya melibatkan dada, tapi juga perut, punggung bawah, dan tulang rusuk, bisa membantu relaksasi. Tutup matamu dan ambil napas dalam-dalam, perlahan, buat setiap napas lebih dalam. Bernapaslah melalui hidung dan keluar melalui mulut.

Relaksasi otot. Buat dirimu nyaman. Dimulai dengan kaki Anda, tegang otot sekuat yang kita bisa. Tunggu hitungan 10, lalu rileks. Terus lakukan ini untuk setiap  otot di tubuh kita

Meditasi. Duduk atau berbaringlah dengan tenang dan fokus pada pernapasan alami kita. Biarkan pikiran dan emosi datang dan pergi, selalu fokus pada nafas dan tubuh Anda.

Resep obat/pil tidur untuk insomnia

Resep obat tidur dapat memberikan bantuan sementara, penting untuk di ingat bahwa pil tidur bukanlah obat untuk insomnia. Dan jika tidak digunakan dengan hati-hati, mereka justru membuat insomnia memburuk dalam jangka panjang. Sebaiknya gunakan obat hanya sebagai upaya terakhir, dan kemudian, hanya dengan kebutuhan yang sangat terbatas dan sesuai kebutuhan. 

Pertama, coba ubah kebiasaan tidur Anda, rutinitas harian Anda, dan sikap Anda tentang tidur. Bukti menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup dan perilaku membuat perbedaan terbesar dan paling abadi dalam hal insomnia.

Kapan harus kunstasi ke dokter tentang penyakit insomnia

Jika Anda telah mencoba berbagai teknik self-helpdan tidak berhasil, konsultasilah dengan dokter, terutama jika insomnia sangat mengurangi mood dan kesehatan Anda. Berikan informasi yang detail serta secara rinci mengenai pola tidur kita.

Nah mungkin itu lah beberapa tips dan cara mengatasi insomnia serta apa saja sebab insomnia. semua penyakit pasti ada obatnya tidak kecuali dengan insomnia atau susah tidur, semua itu tergantung dari nita dan ketekunan kita untuk mengatasi itu.

No comments:

Post a Comment